Laporan Tugas Kuliah


.

 

LAPORAN
HASIL PRAKTEK STUDIO KARNOS

Job Desk : Program Director
 





        Nama                  : Hasan Husein
        NIM                      : 42100211



JURUSAN PENYIARAN
AKADEMI KOMUNIKASI BINA SARANA INFORMATIKA
JAKARTA
2010

A.  Definisi
PD adalah orang yang bertanggung jawab secara teknis atas kelancaran suatu acara televisi. Kedudukan pengarah program terkait langsung dengan penampilan (show) suatu program pada saat ditayangkan (on air). Jika produser bekerja untuk mempersiapkan rundown maka pengarah acara yang bekerja di control room studio adalah orang-orang yang akan melaksanakan rundown itu. Hubungan antara produser dan pengarah acara adalah seperti hubungan antara dokter dengan seorang apoteker di rumah obat (apotik). Dokter menulis resep sedangkan apoteker mempersiapkan atau membuat obat berdasarkan permintaan dokter.
Beberapa kompetensi atau kriteria orang yang layak dijadikan Pengarah Acara itu antara lain :
-          Memiliki pengetahuan yang cukup tentang perencanaan dan produksi acara televisi
-          Memiliki wawasan yang luas (sehingga memiliki kemampuan konseptual)
-          Mampu menterjemahkan naskah kedalam bentuk visual
-          Memahami Philosofis Gambar / Visual
-          Memahami Grammer of Edit
-          Berjiwa seni (pekerja televisi adalah perpaduan antara pekerja teknis dan artistik)
-          Mampu berkomunikasi dengan kelompok produksi (tentunya sesuai kaidah-kaidah pertelevisian)
-          Memiliki ketegasan
-          Memiliki Komitment yang jelas





B. Pra Produksi
-          Membuat kelompok masing-masing 11 orang
-          Pembagian Job Desk
-          Mempelajari Job Desk masing-masing
-          Menentukan Tema
-          Mempersiapkan properti yang diperlukan dan
-          Latihan

Sebelum proses produksi dilakukan masing-masing kelompok diberi pengarahan dan pelatihan bagaimana cara pengoperasian alat-alat yang telah di sediakan oleh pihak Karnos Studio, setelah itu produksi dilakukan.

C. Produksi
Produksi dilaksanakan di Karnos Studio pada hari kamis tanggal 4 November 2010, masing-masing kelompok  mempresentasikan hasil kerja mereka dalam waktu 10 menit, dan diberi komentar yang membangun oleh Crew Karnos Studio, dan hasil produksi diperlombakan.
Dan saya sebagai program director bertanggung jawab atas apa saja yang dilakukan oleh tim saya, dan juga memberi intruksi yang terbaik kepada tim diantaranya adalah kameraman, floor director, switcherman, VTR, dan audioman, agar hasil produksi yang dihasilkan maksimal.
Suatu program televisi dapat mengudara karena didukung oleh banyak orang yang bekerja di balik layar. Penonton televisi mungkin hanya melihat seorang presenter tampil di layar kaca, namun begitu banyak orang yang berada di belakang si presenter yang mendukungnya penampilannya. Pengarah acara adalah orang yang bertugas untuk mengintegrasikan unsur-unsur pendukung produksi dan bertanggung jawab terhadap aspek teknis serta mampu melaksanakan program atau acara berdasarkan rundown dalam pelaksanaan produksi siaran.
Seorang pengarah acara, harus memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki pengetahuan luas termasuk pengetahuan teknis, memiliki jiwa seni dan cepat mengambil keputusan. Karena begitu banyak orang yang berada dibawah koordinasi seorang pengarah acara maka diperlukan sejumlah persyaratan untuk dapat menjadi seorang pengarah acara yaitu antara lain: memiliki pengetahuan dasar tentang kamera video, switcher, screen direction, pengetahuan dasar editing serta memiliki pengetahuan artistik gambar.

D. Pasca Produksi
Seteleh produksi selesai dilakukan, pihak Karnos Studio langsung membacakan siapa saja yang pantas mendapatkan nilai terbaik.
-          Pembagian Sertifikat Best Perfomance kepada kelompok terbaik
-          Pembagian Sertifikat kepada semua peserta




Posting Komentar